Menyambut HUT TNI Ke-77 Kodim0613/Ciamis bersama Jabar Bergerak bedah rumah tidak layak huni.

Banjar – Kodim 0613/Ciamis bersama Jabar Bergerak Kota Banjar melaksanakan program bedah rumah untuk warga yang membutuhkan. Program Bedah Rumah ini bagian dari rangkaian Hari Ulang Tahun TNI ke-77 Tahun 2022.

Program bedah rumah ini diberikan kepada Iim Burhanudin warga Lingkungan Cikabuyutan Timur Rt.005 Rw.013, Kelurahan Hegarsari, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, Jawa Barat.

Program bedah rumah keluarga Iim Burhanudin ini secara simbolis diserahkan oleh Komandan Kodim 0613/Ciamis Letkol Inf Wahyu Alfiyan Arisandi, S.I.P., M.I.Pol., bersama Ketua Jabar Bergerak Kota Banjar Ari Faturohman, S.IP., M.H., dan Camat Pataruman Zaenal Arifin dan Kapolsek Pataruman AKP Hadi Winarso, S.Sos., M.M., dan Danramil 1325/Langensari Mayor Inf Drs. Agung Subekti, di depan kediaman Iim Burhanudin, di Lingkungan Cikabuyutan Timur, Hegarsari, Pataruman, Kota Banjar, Selasa (20/9/2022).

Ketua Jabar Bergerak Kota Banjar Ari Faturohman mengatakan, pemilihan rumah yang mendapatkan program bedah rumah berdasarkan survei yang dilakukan oleh tim dilapangan. Sebanyak 6 rumah dilakukan survei dan terpilihnya Rumah Keluarga Iim Burhanudin untuk bedah rumah.

“Banyak dasar yang kita pilih. Tiga poin utama pemilihan rumah keluarga bapak Iim Burhanudin yakni tumahnya dihimpit rumah permanen, tanah sudah bersertifikat, dan paling utama gotong royong dari warganya,” katanya.

Arie menuturkan, Program Bedah Rumah atas bantuan provinsi Jawa Barat. Sementara untuk anggaran yang diperlukan sebesar Rp.38 juta. “Baznas Provinsi sebesar Rp.25 juta. Total keseluruhan Rp.38 juta. Kekurangan bisa sambil berjalan dan diusahakan sehingga tanggal 5 Oktober 2022 sudah bisa dihuni,” katanya.

Sementara itu, Komandan Kodim 0613/Ciamis Letkol Inf Wahyu Alfiyan Arisandi, S.I.P., M.I.Pol., mengatakan, program bedah rumah ini dilaksanakan selama 14 hari. Prajurit Kodim 0613/Ciamis bersama Polri dan masyarakat sekitar bahu membahu bergotong royong melakukan bedah rumah sehingga layak huni.

“Setiap hari 15 orang personel Kodim 0613/Ciamis bergotong royong bersama warga di Lingkungan Cikabuyutan Timur Rt.05 Rw.13 membangun Rumah Bapak Iim Burhanudin hingga layak huni,” kata Dandim.

Dandim optimis sekaligus mengapresiasi terhadap warga masyarakat di lingkungan Cikabuyutan Timur Rt.05 Rw.13 program bedah rumah ini terlaksana dengan baik dan lancar. Karena disini warganya masih tinggi gotong royong, kebersamaan dan kepeduliannya.

“Warga di Cikabuyutan Timur rasa gotong royong kebersamaan kepeduliannya masih tinggi. Tentunya saya yakin dan optimis bedah rumah terlaksana dengan baik. Semoga kepedulian kita bisa bermanfaat untuk Bapak Iim dan keluarga,” tutur Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer Tahun 2003.

Letkol Inf Wahyu Alfiyan Arisandi mengungkapkan rasa bangga nya terhadap warga di Lingkungan Cikabuyutan Timur. Warga disini masih memelihara warisan bangsa yang sudah mulai luntur dimakan zaman yakni gotong royong.

“Terima kasih dan kita disini masih mempunyai sifat kebangsaan yang sudah mulai luntur. Ini (bedah rumah) menjadi momen membangkitkan kembali semangat kebersamaa dan gotong royong,” pungkasnya.(Pendim 0613/Ciamis)

Find this content useful? Share it with your friends!

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*