KULTUM BULAN SUCI RAMADHON DI MASJID BAITURRAHIM MAKOREM 062/TN

Garut, Danramil 1325/Langensari Kodim 0613/Ciamis Mayor Inf Drs Agung Subekti, memberikan Kuliah Tujuh menit (Kultum) kepada Prajurit dan PNS jajaran Korem 062/Tn setelah sholat dhuhur berjamaah bertempat di Masjid Baiturrahim Makorem 062/Tn, Rabu (13/04/2022).

Acara Kultum di bulan Suci Ramadhon 1443 Hijriyah/2022 Masehi ini, pada hari ke Sebelas pemberi materi ceramah Danramil 1325/Langensari.

Dalam ceramahnya Danramil 1325/Langensari Kodim 0613/Ciamis memberikan materi tentang “Saling Menasehati untuk kebenaran dan kesabaran”. menyampaikan hari ini alhamdulillah kita masih bisa melaksanakan shalat dzuhur berjamaah di bulan suci Ramadhon dengan penuh kesabaran dan tawadhu. Mudah-mudahan kita diberi umur panjang oleh Allah Swt. Di bulan Suci Ramadhon ini, bulan yang penuh ampunan dan bulan penuh berkah.

Suatu ketika setelah memimpin jadi imam shalat Idul Fitri Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam mengucapkan takbir 3 kali dengan suara yang bebas, turun dari langit Malaikat Jibril minta di Aamiinkan doanya.

Ya Allah jangan kau terima ibadah dan puasa seorang istri yang durhaka kepada suami.

Ya Allah jangan kau terima ibadah dan puasa seorang anak yang tidak berbakti kepada kedua orang tua.

Ya Allah jangan kau terima ibadah dan puasa seorang mu’min yang tidak mau memberikan maaf kepada saudaranya sesama muslim.

Kisah ini dapat ditarik kesimpulan sesuai dengan surat Wal Asr ayat 103.

Kata Al asr berarti waktu /masa dan diambil dari ayat pertama kemarin adalah sejarah, hari ini adalah pemberian, Besok adalah misteri. Untuk itu bertobatlah, beristighfarlah karena ingat masa lalu. Bila kita berbuat tidak baik dan dosa sesama rekan atau sesama pimpinan mulai detik ini kita bertobatlah.

Jadi apa yang tadi disampaikan bisa ditarik intisarinya bahwa manusia terdiri dari tiga unsur diantaranya

Akal dibutuhkan bagaimana cara menganalisis, membaca dan menghitung.

Jasad dibutuhkan bilamana makan dan minum dari intisari hal-hal yang halal.

Roh dibutuhkan bagaimana meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah SWT.

Hadir pada acara Kultum tersebut diantaranya Kasrem 062/Tn, para Kasi, Kasatbalak, Para Perwira, Bintara, Tamtama serta PNS jajaran Korem 062/Tn (Penrem 062/Tn).

Find this content useful? Share it with your friends!

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*