Kodim 0613/Ciamis Korem 062/Tn gelar BSMSS

Pangandaran – Kodim 0613/Ciamis melaksanakan kegiatan Bakti Siliwangi Manunggal Satata Sariksa (BSMSS) Tahun 2022 di wilayah Kabupaten Pangandaran. Program ini dilaksanakan selama 12 hari di wilayah Desa Cibuluh, Kecamatan Kalipucang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

Pelaksanaan BSMSS Kodim 0613/Ciamis di Kabupaten Pangandaran ini dibuka secara langsung oleh Komandan Kodim 0613/Ciamis Letkol Inf Wahyu Alfiyan Arisandi, S.I.P., M.I.Pol., di halaman Kantor Desa Cibuluh, Kecamatan Kalipucang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, Kamis (15/9/2022).

Saat pembukaan, turut dihadiri oleh Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah Kabupaten Pangandaran Dadang Dimyati, Kepala Dinas Sosial dan PMD Kabupaten Pangandaran Wawan Kustaman, dan Sekertaris Camat Kalipucang, serta Kepala Desa Cibuluh. Selain itu juga turut disaksikan oleh perwakilan warga masyarakat Desa Cibuluh dan Kader PKK Desa Cibuluh Kecamatan Kalipucang.

Komandan Kodim 0613/Ciamis Letkol Inf Wahyu Alfiyan Arisandi, S.I.P., M.I.Pol., mengatakan, program BSMSS ini merupakan kemanunggalan antara TNI, masyarakat, Pemerintah dan Instansi terkait lainnya. Terutama dalam sektor membantu percepatan pembangunan daerah.

“Ini merupakan pendidikan implementasi dari kemanunggulan TNI, Pemerintah, Masyarakat yang memiliki maksud tujuan persatuan dan kesatuan percepatan pembangunan daerah,” katanya.

Lebih lanjut, Komandan Kodim 0613/Ciamis menuturkan, program BSMSS ini memiliki dua kegiatan sasaran, yaitu sasaran fisik dan non fisik. Dimana sasaran fisik berupa pembangunan jalan rabat beton dan sasaran non fisik berupa sosialisasi kepada masyarakat Desa Cibuluh.

“Sasaran fisik kami pembangunan jalan rabat beton di Dusun Cibuluh 1 Rt.006 Rw.002 Desa Cibuluh, sepanjang 300 merter dengan lebar 2,5 meter. Sedangkan sasaran non fisik berupa sosialisasi tentang kesehatan, wawasan kebangsaan dan mitigasi bencana,” kata Letkol Inf Wahyu Alfiyan Arisandi.

Perwira TNI AD lulusan Akademi Militer Tahun 2003 ini mengungkapkan bahwa program BSMSS ini bertujuan untuk menjaga dan membangkitkan kembali nilai budaya bangsa yang saat ini mulai pudar yakni Gotong Royong.

“Melalui program BSMSS ini, bagaimana membudayakan kembali nilai budaya bangsa kita yang saat ini mulai tergerus yaitu gotong royong. Bersama sama melaksanakan pembangunan,” kata Letkol Inf Wahyu Alfiyan Arisandi.

Pada kesempatan itu, Letkol Inf Wahyu Alfiyan Arisandi turut menyampaikan ucapan terima kasih atas sambutan dari warga Desa Cibuluh. Antusias masyarakat sangat semangat menyambut program BSMSS Kodim 0613/Ciamis.

“Terima kasih atas sambutan dari warga desa Cibuluh, antusias semangat bersama-sama meyelesaikan kegiatan BSMSS. Partisipasi kerjasama warga sangat berpengaruh kesuksesan pelaksanaan BSMSS ini,” ucap Dandim dihadapan masyarakat Desa Cibuluh Kecamatan Kalipucang.

Sementara itu, Bupati Pangandaran H. Jeje Wiradinata dalam sambutannya yang dibacakan Asda II Setda Kabupaten Pangandaran Dadang Dimyati menyampaikan, atas nama Pemerintah Kabupaten Pangandaran mendukung penuh kegiatan BSMSS Kodim 0613/Ciamis. Ini dalam rangka meningkatkan kerjasama yang baik antara TNI dan Masyarakat.

“Pembangunan jalan ini sangat penting dan bermanfaat. Sehingga dapat dirasakan langsung oleh masyarakat serta hal itu dapat berimplikasi langsung pada perekonomian masyarakat,” tutur Dadang Dimyati menyampaikan sambutan Bupati Pangandaran H. Jeje Wiradinata.

Find this content useful? Share it with your friends!

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*