KASIREN PIMPIN KEGIATAN PEMBINAAN KERUKUNAN UMAT BERAGAMA DI WILAYAH KOREM 062/TN

Garut, Kasiren Korem 062/Tn Letnan Kolonel Caj Sutarmin pimpin kegiatan pembinaan kerukunan umat beragama di wilayah Korem 062/Tn, di ruang aula Purnawarman Makorem 062/Tn Jln Bratayudha no.65 Selasa, 28/09/2021.

Kegiatan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, dilanjutkan sambutan Danrem 062/Tn yang dibacakan oleh Kasiren Korem 062/Tn menyampaikan saya selaku Pimpinan Korem 062/Tn dan pribadi, mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada para peserta kegiatan pembinaan kerukunan umat beragama yang telah berkenan hadir pada kesempatan ini, sekaligus menyampaikan selamat datang di Makorem 062/Tn.

Saya berharap, pertemuan ini dapat menjadi media bagi kita untuk lebih meningkatkan ikatan kebersamaan sehingga kita dapat bersama-sama membangun bangsa sesuai dengan peran dan tugas yang kita emban masing-masing.

Dengan dilaksanakannya pembinaan kerukunan umat beragama yang bertujuan, agar para Prajurit TNI, keluarga besar TNI (KBT), tokoh agama dan tokoh pemuda benar-benar memahami tentang arti toleransi umat beragama di mana antar umat beragama dapat saling menerima, saling menghargai dan saling menghormati keyakinan masing-masing, saling tolong-menolong dan bekerjasama dengan perbedaan serta keyakinan agama yang kita anut.

Sesuai UUD 1945 Bab XA tentang hak asasi manusia pasal 28 E ayat (2) berbunyi : Setiap orang berhak atas kebebasan meyakini kepercayaan, menyatakan pikiran dan sikap sesuai dengan hati nurani. Tidak memaksakan kehendak kepada orang lain untuk menganut agama dan tidak mencela/menghina agama lain dengan alasan apapun, dengan kesediaan untuk menerima adanya perbedaan keyakinan dengan orang lain atau kelompok lain. untuk itu, seluruh warga negara wajib saling menghargai, menghormati, bertenggang rasa dan bertoleransi, menjaga kerukunan antar umat beragama.

Sesuai tema yang diangkat pada kegiatan pembinaan kerukunan umat beragama kali ini, yaitu : “Mewujudkan Binter TNI AD yang adaptif melalui kegiatan pembinaan kerukunan umat beragama demi mencegah konflik sosial antar umat beragama serta menjaga persatuan dan kesatuan Bangsa”.

Diakhir kegiatan pemberian materi tentang toleransi umat beraga dalam perspektif ajaran Islam, Katolik, Protestan, Hindu dan tri kerukunan umat bergama di Indonesia oleh narasumber.

Hadir pada kegiatan tersebut diantaranya Kasi Intel, Kasilog, Kasiter Korem 062/Tn, Pasi Pers, Wakaajen, Wadandenhub Kaurkum Korem 062/Tn, Narasumber dan para peserta kerukunan umat beragama (Penrem 062/Tn).

Find this content useful? Share it with your friends!

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*