DANREM 062/TN SELAKU DANSATGASPAMWIL PENGAMANAN KUNKER WAKIL PRESIDEN RI DALAM RANGKA PENETAPAN KOMCAD DI WILAYAH KOREM 062/TN

Kabupaten Bandung Barat, Danrem 062/Tn Kolonel Inf Asep Sukarna,S.Sos.,S.I.P.,M.M, selaku Dansatgaspamwil melaksanakan pengamanan VVIP  kunjungan kerja Wakil Presiden RI Prof. Dr.(HC) K.H. Ma’ruf Amin  dalam rangka Upacara Penetapan Komando Cadangan TA. 2022 bertempat dilapangan Suparlan Pusdiklatpassus Kopassus Jln.Raya Batujajar No.18 Desa Galanggang Kec. Batujajar Kab. Bandung Barat Provinsi Jabar, Kamis (8/09/2022).

Wakil Presiden RI beserta Ibu Hj. Wury Ma’ruf Amin dan rombongan tiba di Lapangan Suparlan Pusdiklatpassus, dengan menggunakan Pesawat Helikopter Super Puma VVIP H- 3222. Tiba dilapangan Suparlan Pusdiklatpassus disambut oleh Pangdam III/Siliwangi Mayor Jenderal TNI Kunto Arif Wibowo,S.I.P, Kapolda Jabar Irjen Pol. Drs. Suntana, M.SI., dan Wakil Gubernur Jabar H. Uu Ruzhanul Ulum, SE., Menhan RI Letjen TNI (Purn) H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo, Kasad Jenderal TNI Dr Dudung Abdurachman. S.E., M.M., Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., Kasau Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P.

Lalu menuju tenda VVIP untuk melaksanakan upacara penetapan komponen cadangan TA. 2022 selaku perwira upacara Marsma TNI Sentot Adhi Kurnianto, S.H., M.H., bertindak komandan upacara Brigjen TNI (Mar) Ili Dasili, S.E., selaku Inspektur upacara Prof. Dr.(HC) K.H. Ma’ruf Amin (Wakil Presiden RI).

Acara Pokok penghormatan kebesaran, laporan Komandan upacara dilanjutkan pemeriksaan Pasukan, mengheningkan cipta, laporan pelaksanaan pembentukan Komcad oleh Menhan RI, persiapan penyerahan tunggul satuan kepada Danyon Komcad pernyataan resmi penetapan Komcad, penyerahan tunggul satuan kepada Danyon Komcad, Amanat, andika bhayangkari, laporan komandan upacara, penghormatan kebesaran. Komando Cadangan (Komcad) TA 2022 yang di tetapkan oleh Prof. Dr.(HC) K.H. Ma’ruf Amin (Wakil Presiden RI) berjumlah ± 3000 orang.

Amanat Inspektur Upacara Prof. Dr.(HC) K.H. Ma’ruf Amin (Wakil Presiden RI) intinya menyampaikan pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah subhanahu wa ta’ala, Tuhan Yang maha esa atas segala limpahan karunianya kita dapat menghadiri upacara penetapan komponen cadangan TA. 2022.

Sistem pertahanan merupakan kebutuhan mendasar bagi sebuah negara untuk menegakkan kedaulatan, menjaga keutuhan wilayah serta melindungi keselamatan segenap bangsa dan segala bentuk ancaman, terlebih di lingkungan strategis internasional dan nasional yang dinamis diliputi ketidakpastian seperti sekarang ini, pertahanan dan daya tangkap nasional mutlak untuk kita perkuat antara lain melalui bela negara oleh seluruh warga negara sebagaimana diamanatkan dalam pasal 27 ayat 3 undang-undang dasar 1945 setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara tantangan dan ancaman yang makin beragam dan sulit diprediksi menjadi faktor pendorong bagi negara kita.

Untuk melibatkan seluruh sumber daya nasional yang mencakup sumber daya manusia sumber daya alam dan sumber daya buatan keseluruhan sumber daya mesti disiapkan sejak dini dan terpadu, menyeluruh salah satu perwujudannya adalah penguatan komponen cadangan SDM yang berasal dari rakyat. Saya memandang komponen cadangan merupakan strategi antisipatif agar kita siap menghadapi ancaman dan gangguan terhadap kehidupan bangsa, selain itu komponen cadangan juga merupakan salah satu ikhtiar bangsa untuk mempersiapkan kekuatan rakyat sekaligus champion di berbagai bidang yang memiliki dan menunjukkan kecintaan pada tanah air, ancaman dan gangguan terhadap kedaulatan keutuhan dan keselamatan bangsa.

Bisa berasal dari dalam maupun luar negeri 2 tahun terakhir ketahanan nasional kita diuji oleh pandemi covid-19, kita bersyukur pada Allah subhanahu wa ta’ala Tuhan Yang maha esa karena bangsa kita bersatu padu saat melewati badai covid-19 saat ini kita tengah berupaya untuk kulit dan bangkit kembali menjadi negara yang lebih kuat sementara perekonomian dunia belum sepenuhnya normal, krisis lain menuruti dan menjadikan situasi dunia semakin baik.

Reformasi sistem kesehatan dan perbaikan tata kelola pemerintahan menjadi beberapa fokus bangsa saat ini yang akan berkontribusi pada penguatan ketahanan nasional, terkait hal ini salah satu misi penting yang dapat diemban oleh komponen cadangan adalah dengan meningkatkan pemahaman terhadap isu-isu global menanamkan kesetiakawanan sosial serta menebarkan toleransi dan moderasi untuk mempererat persatuan dan kesatuan.

Kemudian sosial ini sangat bernilai dalam menunjang transformasi Indonesia ke depan menuju Indonesia maju pada kesempatan yang baik ini saya ingin menitipkan beberapa pesan :

Pertama, pelatihan pertahanan komponen cadangan ada didesain dalam perspektif yang luas menggabungkan pola pertahanan konvensional dan ancaman non tradisional pertahanan modern mengutamakan teknologi informasi dan komunikasi serta peralatan canggih berbasis digital perlu untuk dimasukkan di dalam kurikulum pelatihan.

Kedua, dikembangkan narasi yang optimistik dalam komunikasi publik terkait peran dan fungsi komponen cadangan.

Sehingga muncul kesadaran kolektif seluruh anak bangsa untuk ambil bagian dalam upaya bela negara yang bisa diwujudkan dalam berbagai bentuk tiga promosi bela negara pada generasi muda membutuhkan terobosan yang inovatif dikembangkan pelatihan yang kreatif dan kekinian, agar program bela negara efektif menjangkau berbagai kelompok.

Hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya, Bapak Ahmad Erani Yustika, (Kepala Sekretariat Wakil Presiden), Bapak Felix Wanggai, (Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pemerintahan dan Wawasan Kebangsaan), Bapak Masduki Baidlowi (Staf Khusus Wakil Presiden Bidang Komunikasi dan Informasi), Bapak Sapto Harjono, W.S. (Kepala Biro Protokol dan Kerumahtanggaan),Kolonel Inf Fiermansyah Sjafirial Agustus (Ajudan Wakil Presiden), Kolonel Mar Nioko Budi Legowo Harumbintoro (Dan Grup B Paspampres), Kolonel Ckm dr. Nursuandy Indra Jaya, Sp. OT (Dokpri Wakil Presiden),Marsma TNI Yostariza (Kepala Biro Pengamanan Setmilpres), Brigjen TNI Mar Oni Junianto (Wadan Paspampres),Bapak Rusmin Nuryadin (Kepala Biro Pers Media dan Informasi), Kolonel Nav Sani Salman (Perwira Pengamanan Penerbangan), Mayor Pas Agus M.A.H.A (Danden Pampri Paspampres), Mayjen TNI Dadang Hedra Yudha (Dirjen Pothan), Brigjen TNI Novi Herianto (Dirdalprogar Ditjen Renhan Kemhan),Mayjen TNI Rui Duarte (Plt. Karo TU dan Protokol), Mayjen TNI Banbang Teisno Hadi (Sahli Menhan RI Bidang Keamanan),Letjen TNI Teguh Arif Indratmoko (Danjen Akademi TNI), Mayjen TNI Purwo Sudaryanto (Aster Panglima TNI),Brigjen TNI Tarunajaya (Waaspers Panglima TNI), Kolonel Inf Tri Saktiyono (Dirjianbang Akmil), Mayjen TNI Maruli Simanjuntak (Pangkostrad),Mayjen TNI Alfet Denny Teujeh (Wadanpusterad), Mayjen TNI Karmin Suharna, S.I.P., M.A., (Aster Kasad), Mayjen TNI Agus Suhardi (Pangdam II/Swj), Mayjen TNI Andi Muhammad Bau Sawa Mappanyukki, S.H., M.H., (Pangdam XIV/Hsn), Brigjen TNI Iwan Setiawan (Danjen Kopassus), Brigjen TNI Supriono, S.I.P., M.M., (Danrem 042/Garuda Putih), Kolonel Inf Prasetyo (Kasrem 043/Garuda Hitam), Brigjen TNI Naudi Nurdika, S.I.P., M.Si., M.Tr(Han) (Danrem 044/Garuda Dempo), Brigjen Dendi Suryadi (Danrem 091/Aji Surya Natakesuma), Brigjen TNI Rifki, S.E., M.M., (Danrem 092/Maharajalila), Brigjen TNI Rudi Puruwito (Danrem 101/Antasari), Letjen TNI Mar Suhartono (Dankodiklatal), Marsdya TNI Andyawan Martono P, S.I.P., (Pangkoopsudnas), Marsdya TNI M Tonny Harjono (Dankodiklatau), Irjen Pol Anang Revandoko (Dankorbrimob), Brigjen. Pol. Dr. Rudi Antariksawan, S.H., S.I.K., M.Si., (Dirsamapta Korsabhara), Emil Elistianto Dardak (Wakil Gubernur Jawa Timur),
Hadi Mulyadi (Wakil Gubernur Kalimantan Timur), PT. Pindad (Persero), PT. Dahana (Persero), Sekjen Majelis Adat Kerajaan Nusantara, Duta Komcad (Dedy Corbuser) dan Athan negara sahabat (Penrem 062/Tn).

Find this content useful? Share it with your friends!

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*