DANREM 062/TN MENINJAU PERSONEL BINTARA ABIT DIKJURBA OTSUS TNI AD ASAL PAPUA LAKSANAKAN OJT DI KORAMIL WILAYAH KODIM 0612/TASIKMALAYA

Tasikmalaya, Danrem 062/Tn Kolonel Inf Muhamad Muchidin, S.Sos didampingi Dandim 0612/Tasikmalaya Letkol Inf Ary Sutrisno,S.IP meninjau personel Bintara Abit Dikjurba Otsus TNI AD Asal Papua yang sedang melaksanakan On The Job Training (OJT) di Koramil 1208/Manonjaya, Koramil 1201/Kota dan Koramil 1207/Cisayong Wilayah Kodim 0612/Tasikmalaya, Kamis (19/08/2021).

Tiba di Koramil l208/Manonjaya disambut Danramil Kapten Inf Handriyono, S.pd dan langsung transit diruang tamu Danramil kemudian mengecek hasil produk laporan Ba Abit Dikjurba Otsus, kemudian menuju Koramil 1201/Kota disambut Kapten Inf Muklis Gozali, selanjutnya menuju Koramil 1207/Cisayong disambut Kapten inf Herlan. R.

Kemudian Danrem 062/Tn memberikan pengarahan kepada para Babinsa di Koramil 1208/Manonjaya, Koramil 1201/Kota, Koramil 1207/Cisayong yang intinya Para Bintara Abit Dikjurba Otsus TNI AD asal putra-putra terbaik Papua akan dibekali peningkatan kemampuan teritorial di Koramil selama 2,5 bulan, masing-masing Koramil ada 5 orang dibawah bimbingan Babinsa yang ditunjuk sebagai pendamping.

Perorganisasian dari 5 orang Ba Abit Otsus TNI AD harus didampingi oleh 3 orang Babinsa.

Dalam kegiatan Komsos dan Puldatater di Desa, ajak mereka biar tahu Geo, Demo dan Komsos di wilayah.

Para Babinsa setelah kegiatan harus mengadakan evaluasi dan jangan saling lempar-melempar kalau diminta hasil laporan oleh pimpinan. Buatlah langkah-làngkah cara penanganan masalah jangan langsung pulang, jaga kekompakan dan kerapihan seluruh Babinsa serta bekali mereka anggaplah adik-adik kalian dan saudara kita.

Para Babinsa yang bertugas harus bisa membina mereka agar jadi Babinsa. Para pendamping harus benar-benar mentransfer ilmunya dan memberikan pelajaran serta arahan yang tepat. Ajarkan mereka membuat laporan, tapi laporannya bukan hanya tertulis saja, tetapi harus kalian koreksi.
Para pendamping harus mempunyai dulu bekal dan menguasai sebelum memberikan materi kepada para peserta. Ajarkan mereka ilmu teritorial dan kenalkan dengan lingkungan, cara bergaul dengan masyarakat, perangkat desa dan cara mencermati situasi keadaan, kemudian tuangkan dalam laporan. Para pendamping harus mengawasi mereka selama 24 Jam dari mulai bangun tidur sampai bangun tidur lagi. Awasi mereka dan bukan tugas Piket Koramil. Setelah praktek dilapangan para pendamping harus ada evaluasi dan koreksi. Ajarkan mereka dan bawa ke lokasi pertanian dan peternakan.

Selanjutnya, Danrem 062/Tn memberikan pengarahan kepada Bintara Abit Dikjurba OTSUS TNI AD intinya pengecekan masalah makan dan gaji yg diterima, gaji kalian gunakan sesuai kebutuhan dan jangan sampai boros.

Pengecekan membuat produk laporan di HP dan laporan tertulis. Kalian harus bisa membuat produk laporan dan bisa menempatkan diri di masyarakat. Kalian belajar harus lebih giat lagi, pelajari buku-buku paket yang telah diberikan oleh pendamping dan jaga kesehatan. Kalian tidak harus hanya belajar dikelas saja tapi juga harus banyak latihan di lapangan bertemu dengan masyarakat langsung. Kalian menimba ilmu disini harus bisa semaksimal mungkin, Ilmu teori yang kalian dapatkan harus kalian aplikasikan di lapangan, dan jangan malas membuat laporan. Kalian harus bisa menuangkannya dalam bentuk tulisan/laporan dan harus bisa memberikan saran. Laporan harus mudah difahami oleh pimpinan.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam pelaksanaan tugas teritorial, serta memahami tugas-tugas dilapangan yang akan diterapkan kembali di daerah masing-masing.

Bintara Abit Otsus TNI AD nanti setelah melaksanakan OJT akan kembali ke Rindam III/Slw dan akan ditempatkan sebagai Babinsa diwilayah Kodam XVIII/Kasuari .

Hadir pada kegiatan tersebut diantaranya Pasiter Kodim 0612/Tasikmalaya dan Anggota Babinsa masing-masing Koramil (Penrem 062/Tn)

Find this content useful? Share it with your friends!

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*