DANREM 062/TN MENGHADIRI KEGIATAN PEMBUKAAN SENI KETANGKASAN DOMBA GARUT KAPOLRES CUP TAHUN 2022

Garut,- Komandan Korem 062/Tn Kolonel Inf Asep Sukarna,S. Sos., S.I.P., M.M menghadiri Kegiatan pembukaan seni ketangkasan domba Garut Kapolres Cup Tahun 2022, bertempat di Pamidangan Anugrah Lembah Gunung Guntur Desa Pasawahan Kecamatan Tarogong Kaler Kabupaten Garut, Sabtu (15/10/2022).

Kegiatan diawali dengan pencak silat sdri Kesya, dilanjutkan sambutan Dewan Penasehat HPDKI Brigjen Pol. Drs. Darto Juhartono MH menyampaikan
atas nama penasehat HPDKI kepada bapak Kapolres Garut mengucapkan terima kasih yang telah memfasilitasi untuk melaksanakan kegiatan kontes ini, tentu dengan kontes ini kita bisa mengembangkan seluruh aspek-aspek kehidupan dalam rangka membangun kontes domba Garut bisa menjadi sebuah industri, kontes domba ini adalah merupakan pasangan kekayaan budaya bangsa yang kita miliki.

Untuk pariwisata domba Garut sudah terkenal di dunia, kita sebagai anak bangsa sebagai anak Garut tentu harus menjaga kelestarian budaya ini, sebagai salah satu wujud kecintaan kita terhadap bangsa Indonesia, kecintaan kita terhadap kota Garut terhadap budaya-budaya leluhur kita ini bisa menjadi sebuah industri yaitu industri pariwisata dengan adanya industri pariwisata maka kita tentu bisa membangun masyarakat kita ini, memiliki ketahanan ekonomi dari aspek pariwisata, mudah-mudahan cita-cita masyarakat Garut akan tercapai.

Ketahanan ekonomi kita Indonesia 98% lebih itu ada di UMKM bukan industri yang besar tetapi di UMKM, maka kita dorong teman-teman HPDKI teman-teman peternak Yu kita kembangkan. Sehingga mereka juga bisa merasakan kenikmatan ekonomi ini bisa menjadi sebuah industri.

Kalau bicara tentang usaha kecil dan usaha menengah serta usaha mikro yang harus kita dorong dan kembangkan oleh teman-teman HPDKI, maka saya minta siapkan lahan ketika ada kontes, khusus untuk teman-teman kita saudara-saudara kita. Untuk bisa menjajaki makanan-makanan khas minuman-minuman khas kearifan lokal Garut, ada domba Garut dan kalau kita kembangkan nilai jualnya akan tinggi, dan kita juga bisa berbicara tentang peternakan domba tidak hanya berbicara tentang kontes, tetapi kita sudah mulai berpikir bagaimana domba ini bisa berkembang menjadi sebuah industri.

Saya sampaikan sebagai penasehat HPDKI mengucapkan terima kasih sudah bisa memfasilitasi, bahkan menetapkan undang-undang Peraturan daerah tentang pelestarian domba garut.

Semoga pagi ini bisa menjadi pelopor untuk pengembangan ketahanan ekonomi melalui protein hewani, karena sudah berbicara tidak hanya kepada konteks dan ketangkasan domba saja, tetapi kita juga kedepan strategi kita untuk meningkatkan ketahanan ekonomi nasional khusus yang ada di Garut menjadi sebuah industri yang luar biasa.

Kemudian sambutan Kapolres Garut AKBP Wirdhanto Hadicaksono, S.I.K, M.Si. menyampaikan supaya Polri dan juga TNI untuk bisa hadir di tengah masyarakat, untuk mendukung perekonomian nasional yang saat ini pun juga banyak dipengaruhi oleh perekonomian global, kuncinya di sini kegiatan seni ketangkasan domba Garut adalah kami berupaya untuk meningkatkan dan kemudian lebih menyemarakkan lagi kearifan lokal yang sudah menjadi nilai-nilai Luhur Kabupaten Garut yaitu adalah seni ketangkasan domba, di satu sisi kami juga mengadakan kegiatan UMKM bekerja sama dengan Disperindag dari Kabupaten Garut.

Harapan dengan adanya kegiatan seni ketangkasan domba Garut ini, menjadi magnet untuk dapat meningkatkan perekonomian lokal, karena kuncinya bahwa untuk pemulihan ekonomi pasca pandemi dan untuk mempertahankan perekonomian nasional di tengah terpaan badai perekonomian global, perekonomian lokal menjadi hal yang sangat penting ada istilahnya bahwa cintailah produk lokal banggalah terhadap produk lokal UMKM yang diselenggarakan ini, yang merupakan produk lokal Kabupaten Garut yang harus kita banggakan, harus kita lestarikan.

Dengan begitu, kita akan bisa meningkatkan perekonomian lokal petani dan peternak kita, pengrajin kita akhirnya memiliki motivasi dan semangat untuk bisa melakukan meningkatkan daya produksinya serta Insyaallah juga ini akan meningkatkan perekonomian di Kabupaten Garut.

Kegiatan Kontes ini akan diselenggarakan dua hari mulai hari ini, tanggal 15 Oktober sampai dengan besok 16 Oktober 2022. bahwa ini kegiatan Kapolres Cup Garut untuk seni ketangkasan di Provinsi Jawa Barat, berdasarkan data yang kami miliki saat ini sudah masuk data, untuk hari ini yang kategori C saja, itu berjumlah 560 peserta, terdiri dari Kabupaten Garut 260 ekor, Kabupaten Bandung 73 ekor, dari Kabupaten Bandung Barat 12 ekor, Kabupaten Tasikmalaya 30 ekor, Kota Bandung 13 ekor, Kabupaten Sumedang 10 ekor, Kabupaten Subang 4 ekor, Kabupaten Majalaya 4 ekor, Povinsi Banten 5 ekor dan kemudian yang belum tercatat ini masih ada sekitar 153 ekor lebih dari beberapa daerah di wilayah Jawa Barat dan Banten.

Saya atas nama pimpinan Polres Garut dan kepolisian negara Republik Indonesia, mengucapkan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada seluruh antusiasme dari para peserta kegiatan seni ketangkasan domba garut ini. semoga masyarakat dengan Kepolisian Negara Republik Indonesia dan TNI termasuk juga pemerintah daerah bisa bahu-membahu bagaimana meningkatkan perekonomian nasional melalui kegiatan-kegiatan yang menjadi magnet untuk meningkatkan perekonomian lokal, kita Cintailah dan banggalah kepada produk dalam negeri Cintailah dan banggalah kepada produk lokal, hidup untuk Kabupaten Garut.

Hadir pada kegiatan tersebut diantaranya Brigjen Pol Drs Darto Juhartono MH(Dewan Penasehat HPDKI), Kombes Pol Enjang Hasan Kurnia,S.I.K, Bupati Kab. Garut H. Rudy Gunawan, S.H.,M.H.,M.P., Dandim 0611/Garut Letkol Czi Dhanisworo, S.Sos., Kepala Kejaksaan Negeri Kab. Garut Dr. Neva Sari Susanti, S.H, Ketua Pengadilan Negeri Kab. Garut Harris Tewa,Dandenpom III/2 Garut Letkol Cpm (K) Liana Warsana, Ketua DPRD Kab. Garut Dra. Hj. Euis Ida Wartiah, M.Si., Dandenbekang III-44-2 Garut Letkol Cba M. Said, Kepala Dinas Peternakan, Pariwisata Kab. Garut, Ketua HPDKI Kab Garut. Ws. Kasiter Korem 062/Tn Mayor Inf Nurohman, Kakumrem 062/Tn diwakili Kaurkum Kapten Ckh Henry Pasaribu, Dantimintel Korem 062/Tn Kapten Arh Eko Irianto, Danramil 1111/Tarogong Kapten Inf Toto P (Penrem 062/Tn).

Find this content useful? Share it with your friends!

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*