Danrem 062/Tn mendampingi Kasad memberikan kuliah umum di Universitas Achmad Yani

Cimahi -Danrem 062/Tn Kolonel Inf Kosasih, S.E., sebagai Dansatgaspamwil mendampingi
Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman, S.E., M M., memberikan kuliah umum di Universitas Achmad Yani tahun 2022, bertempat di ruang fisip lantai IV fakultas ilmu sosial dan ilmu politik Kampus Universitas Achmad Yani Kota Cimahi Rabu (09/02/2022).

Acara diawali dengan
menyanyikan lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan sambutan Rektor Unjani Prof. Hikmahanto Juwana, SH. LL.M., Ph.D.

Dilanjutkan kuliah umum oleh Kasad yang berjudul “Peran kepemimpinan strategis dalam membangun Green Human Resouce Management.” di hadapan 126 Civitas Academica dan mahasiswa Universitas Jenderal Achmad Yani serta 114 undangan, Jenderal Dudung Abdurachman selaku pembina Yayasan Kartika Ekavaksi.

Kasad memberikan kuliah umum menyampaikan ancaman terhadap negara semakin komplek bentuk dan karakteristiknya meliputi aspek kehidupan bermasyarakat berbangsa dan negara. Tanpa mampu mempertahankan diri terhadap ancaman yang datang, maka sesuatu negara tidak akan dapat mempertahankan hidup.

Dalam menghadapi ancaman tersebut sejarah telah membuktikan bahwa bangsa indonesia adalah bangsa petarung bangsa jagoan, rela berkorban bangsa yang tidak mau lama-lama di jajah.

Kekuatan bangsa dalam menghadapi setiap ancaman tersebut. Karena dalam mempertahankan negara ini melibatkan seluruh sumber daya nasional yang digunakan untuk mempertahankan negara.

Agar tugas tersebut dapat dilaksanakan dengan optimal maka diperlukan Green Human Resource managent ( GHRM) merupakan lingkungan yang kondusif, aman dan nyaman, serta lingkungan yang mampu menciptakan energi bagi rekan dan anggota dalam mencapai tujuan organisasi.

Untuk membangun lingkungan yang kondusif tersebut (GHRM) membutuhkan gaya kepemimpinan strategis.

Gaya kepemimpinan strategis, kemampuan seseorang untuk mengantisipasi, mempertahankan fleksibilitas, berpikir secara strategis dan bekerja dengan orang lain untuk memulai perubahan yang akan menciptakan masa depan yang baik bagi organisasi.

Membangun Green Human Resource managent, maka seorang pemimpin harus membangun kapasitas dirinya sebagai pemimpin dengan 6 D diantaranya

1. Pemimpin yang dihormati,
2. Pemimpin yang diidolakan,
3. Pemimpin yang dikagumi,
4. Pemimpin yang dicintai,
5. Pemimpin yang diidamkan,
6. Pemimpin yang diharapkan.

Pemimpin harus meliki 4 ciri utama Imajinasi, Inovasi, Visi dan Missi serta Cita-cita dan harapan.

Pesan kepada seluruh mahasiswa rezeki datangnya dari Tuhan, dikejar kemanapun belum tentu dapat, tapi sezeki sudah tahu siapa pemiliknya. Kunci sukses lupakan masa lalu, lakukan yang terbaik hari ini.

Selain memberikan kuliah umum, Kasad juga memberikan cindramata kepada wakil rektor Universitas Jenderal Achmad Yani.

Diakhir acara Kasad dan rombongan meninjau bangunan yg sedang dikerjakan di are Unjani, studio podcast fisip Unjani, serta menjenguk anggota yang dirawat inap di Rs. Dustira.

Turut hadir dalam acara tersebut antara lain Dankodiklat,  Danpussenarmed, Kasdam III/Siliwangi, Danpusdiklatpassus Kopassus, Rektor Unjani Prof. Hikmahanto Juwana, SH.,LL.M., Ph. D., Dandim 0609/Cimahi, Kapolres Cimahi dan tamu undangan lainnya. (Penrem 062/Tn)

Find this content useful? Share it with your friends!

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*