Danrem 062/Tn memberikan Tausyiah di Masjid Jami Miftahus Shudur Sukaregang Kota Garut

Garut. -Komandan Korem 062/Tarumanagara Kolonel Inf Kosasih, S. E, memberikan Tausyiah tentang hikmah peristiwa Isra dan Mi’raj bertempat di Masjid Jami Miftahus Shudur Sukaregang Kota Garut, Sabtu 26/02/2022.

Acara diawali dengan Azan Isya oleh Kasiter Korem 062/Tn Letkol Inf Drs. Sutandri, dan dilanjutkan Shalat Isya berjamaah dengan Imam Ustadz Aceng Budi.

Susunan acara pengajian diawali Pembukaan, pembacan ayat suci al-quran surat Al-Isra ayat 111 oleh Bpk H. Aceng Umar Mustofa dan sholawat oleh bapak Cecep dan bpk Uus.

Sambutan Ketua DKM Masjid Jami Miftahus Shudur Sukaregang bpk Osad.

Dalam tausyiahnya Komandan Korem 062/Tn Kolonel Inf Kosasih, S. E., dihadapan para jemaah pengajian yg dihadiri kurang lebih 150 jemaah,
menyampaikan bahwa acara pengajian ini merupakan kehormatan bagi saya pribadi, bisa hadir di tengah-tengah hadirin jemaah sekalian. Untuk memberikan tausiyah didepan para jemaah pengajian di Masjid Sukaregang Kota Garut.

Dalam tausyiahnya beliau menyampaikan manusia ini, hidup dalam tiga dimensi waktu, masa lalu, masa sekarang dan masa yang akan datang, masa lalu katanya adalah kenangan, masa sekarang adalah kenyataan, dan masa yang akan datang adalah harapan, impian khayalan atau cita-cita. Orang yang baik, sesungguhnya adalah orang yang pandai mengambil pelajaran dari masa lalu, untuk dapat menentukan sikap pada hari ini dan sekaligus merencanakan hari yang akan datang. Sehingga hari ini harus lebih baik daripada kemarin, dan besok harus lebih baik daripada hari sekarang ini.

Hikmah peristiwa Isra dan Mi’raj merupakan satu peristiwa dari masa kegelapan menuju terang benderang, yaitu perintah Allah SWT melalui rosul untuk melaksanakan shalat. Kalau kita perhatikan hampir setiap bulan dalam Islam ini mempunyai nilai-nilai sejarah. Kalau kita bicara Muharram misalnya kita diingatkan dengan peristiwa Hijrah, kita bicara Romadhon ingatkan dengan peristiwa Nuzulul Quran, kita bicara bulan Rabiul Awal diingatkan dengan Maulid Nabi, dan kalau kita bicara Bulan Rajab kita diingatkan kepada peristiwa Isra dan Mi’raj.

Menceritakan peristiwa bersejarah itu berbeda satu dengan lainnya, istimewa sekali bahwa untuk menceritakan peristiwa Isra dan Mi’raj Allah memulai ayatnya dengan menggunakan kalimat tasbih seperti yang kita baca dalam surat Bani Israil ayat pertama subhanalladzi Asro biabdihi lailam Minal Masjidil Haram Ilal Masjidil Aqsa, maha suci Allah, yang telah menjalankan hambanya pada suatu malam dari Masjidil Haram di Mekah ke Masjidil Aqsa di Palestina.

Mudah-mudahan bisa memberikan gambaran tentang Isra dan Mi’raj, yang pada gilirannya akan memperkuat nilai-nilai keimanan kita, dalam rangka melaksanakan apa yang diperintahkan Allah, dan menjauhi apa yang dilarangnya.

Agar hidup kita tenang, damai yang akhirnya mendapatkan kebahagiaan didunia dan akhirat, serta dalam kehidupan kita sehari-hari harus bisa melaksanakan 4S yaitu Salam, Sapa, Silaturrahim dan Sebarkan kebaikan. Beliau mengajak untuk lebih meningkatkan Keimanan dan Ketaqwaan kepada Allah SWT sesuai tuntunan Al-quran dan hadist.

Hadir pada acara tersebut diantaranya
Kasiter Korem 062/Tn Letkol Inf Drs. Sutandri, Danramil Garut Kota Kapten Inf Udin Saepudin,
Para Panitia Peringatan Isra dan Mi’raj DKM Masjid Jami Miftahus Shudur Sukaregang, para jemaah pengajian Masjid Sukaregang Kota Garut (Penrem 062/Tn).

Find this content useful? Share it with your friends!

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*